Mengelola Hutang dan Piutang pada Perusahaan Travel agar tidak lewat Jatuh Tempo

article-2222947-15AD977C000005DC-888_634x416Dalam menjalankan usahanya, perusahaan agen perjalanan wisata (travel agent) seringkali menjalin kerjasama dengan kantor perusahaan lain atau instansi pemerintah misalnya sebagai pengguna jasa tetap (langganan). Hal ini sangatlah menguntungkan kedua belah pihak dan bisa dianggap suatu simbiosis mutualisme, karena di sisi perusahaan travel yang diuntungkan dengan adanya pelanggan tetap sedangkan bagi kantor atau instansi yang menjadi pelanggan juga diuntungkan karena bisa menggunakan sistem pembayaran mundur.

Namun, bagi perusahaan travel yang kurang baik dalam manajemen pencatatan hutang dan piutangnya, hal ini bisa menimbulkan masalah dalam aliran kas (cashflow). Kapan waktunya hutang harus dibayar dan kapan waktunya piutang harus ditagih seringkali menyulitkan jika menggunakan sistem pencatatan keuangan manual. Lain halnya jika kita menggunakan sistem pencatatan yang telah terkomputerisasi, permasalahan tersebut tidaklah menjadi kendala karena semua tercatat dengan sistematis dalam komputer.

Pada saat Anda melakukan transaksi, baik penjualan maupun pembelian, jika terdapat sisa pembayaran maka sistem akan otomatis mencatatnya sebagai piutang maupun hutang (otomatis sesuai dengan transaksinya) dan ketika sudah tiba jatuh temponya maka menu Reminder ( Klik Menu -> Lain lain -> Reminder ) dari Armadillo Accounting akan membantu Anda untuk menampilkan daftar Hutang yang harus dibayar dan Piutang yang harus ditagih dengan detail pada tanggal tersebut.

 


Contoh gambar di atas adalah untuk pengingat piutang, adapun untuk pengingat hutang tampilannya kurang lebih sama. Untuk melihat tanggal yang lain, Anda bisa mengubah kolom tanggal yang ada di bagian atas dan klik tampilkan. Pada menu ini Anda juga bisa melakukan Edit Jatuh Tempo jika ada proses re-scheduling pembayaran. Cukup mudah bukan…?!

Selain menu reminder yang telah dijelaskan, telah disediakan juga Laporan Daftar Piutang (maupun Hutang) dengan detail yang bisa dicetak sebagai berikut :

Jika setelah membaca postingan ini, Anda masih memiliki pertanyaan, jangan segan-segan untuk menghubungi kami🙂

2 responses to “Mengelola Hutang dan Piutang pada Perusahaan Travel agar tidak lewat Jatuh Tempo

  1. “Mengelola Hutang dan Piutang pada Perusahaan Travel
    agar tidak lewat Jatuh Tempo | Mengelola Bisnis Travel Agent” in fact makes me personally imagine
    a small amount more. I actually cherished every particular
    piece of this blog post. Thanks for your effort -Chang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s